Minggu, 21 Februari 2016

Jadul = Smarter? Let's Take a Look...

Selamat pagi, siang, petang, dan malam bergantung pada daerah bumi mana anda sedang berpijak sekarang.
Gue disini lagi agak menderita neh... Maksud gue, banget...*menjerit histeris*

Pertama, gunung berapi gue udah menjadi aktif dan sekarang ini sedang berada dalam kondisi siaga.
Ralat. Maksud gue, sariawan dari neraka yang gue ceritain di 2 post sebelumnya sekarang malah jadi makin parah. Yap, sariawannya membesar-membesar-membesar, dan BOMB!!! Dia meletus balon hijau! Meninggalkan sebuah kawah yang besaaaar banget di gusi gue.

Kedua, berat badan gue naik drastis dan perut gue mulai buncit. So, untuk mencegah kemungkinan gue bermutasi jadi sumo ato kemungkinan perut gue juga ikut meletus kayak balon hijau, gue pun sekarang harus mengontrol nafsu makan gue.

Contohnya kalo biasanya gue makan malam dengan sandwich setinggi menara eifel kali ini gue ganti dengan sandwich sederhana ala gue kadarnya. Kalo gue biasanya duduk di depan monitor dengan 4 lembar roti dan segelas coklat hangat kali ini diganti menjadi beberapa potong cracker dan segelas teh. Kalo biasanya di jam ganjil itu gue makannya omelet ato pancake kali ini diganti dengan beberapa butir kacang. Kalo seringnya sarapan pake nasi, inih sarapannya pake oatmeal.

Kesimpulannya, walopun gua pengen berat badan gue turun, tapi hobi ngemil itu tetep aja ga bisa dihindarin. Gue tau kok, “dikit-dikit lama-lama jadi buncit”, iya gue tau itu. Tapi gue tetep engga bisa ngehindarin.

Ketiga, kesehatan harddisk komputer gue udah mulai berkurang dari 100% menjadi 92%. Kalo gue engga segera membeli ups (baca : yu-pi-es bukan oops) maka kemungkinan besar dalam tempo beberapa bulan kedepan gue harus kembali mengganti harddisk gue dengan harga minimal Rp 800.000. Terkuras lagi deh budget gue.

Dan keempat, gue sekarang ini lagi gaada pengalaman seru+bego+goblok buat dijadiin postingan. So, gue khawatir blog gue tercinta ini bakalan jadi sampah masyarakat.

So, daripada gue engga nge-post, kali ini gue mau sharing tentang sesuatu yang insya Allah bakalan menarik, deh…

A’ight, here we go…

Seperti yang elo semua tau, feature phone ato yang akrab kalian sebut handphone jadul saat ini mungkin engga lagi menjadi mayoritas di kalangan masyarakat yang kontemporen kayak sekarang ini, hanya menjadi minoritas yang terdeskriminasi, terintimidasi, dan teriluminasi *eh, ga nyambung gue*.

Padahal toh, menurut gue handphone jadul tuh engga buruk-buruk amat. Ya setidaknya dia tuh masih lebih bagus daripada handphone adik gue yang kalo salah satu tombolnya dipencet, maka akan ada suara orang nyanyi,

“Aiyaiyay! Arututututay!! Aiyyaiyay!! Arututututay!!!” *seketika gue tuli*

Gue adalah seorang homo sapiens dengan fakta bahwa diri gue merupakan salah satu dari minoritas pengguna handphone jadul yang tertindas. Handphone yang gue pake sekarang ini adalah nokia 1280 yang dulunya sempat menjadi handphone best seller di masanya. Selain itu gue juga punya beberapan handphone jadul lainnya sebagai cadangan… Oh yes!

Gue bangga dan sama sekali engga ngerasa malu pake handphone jadul. Sering banget tuh kalo gue ikut event-event di Jakarta ato dimana gitu, pas temen-temen yang lainnya ngeluarin smartphone mereka, gue malah tampak gembel karena ngeluarin handphone jadul gue disertai sorakan prihatin dari temen-temen gue yang lainnya seakan-akan ngeluarin handphone jadul itu merupakan salah satu tanda-tanda kematian.

Gue engga malu. Gue engga sedih. Gue engga mencret kok...
Gue engga bilang “Oh Bumi, telanlah daku...”

Trus, apa sih sebenernya yang bikin gue bangga dan engga malu?

A’ight, a’ight, nih gue kasih tau alasan gue...

   1.      Harga engga musuhan ame dompet

Udah jelas-jelas deh yang namanya feature phone itu murahnya minta digebug. Emangnya gimana lagi caranya gue bisa punya koleksi handphone-handphone jadul kalo bukan disebabkan harganya yang cuma se-upil? Yang masih baru aja harganya cuma 200 ribuan, sementara yang bekas hanya sekitar 50 rebu.

   2.      Hemat Energi

Bukan feature phone namanya kalo batere-nya harus di-charge sehari sekali. Baterainya feature phone toh bisa bertahan selama seminggu dalam kondisi stand by, ato sekitar 4 hari dalam pemakaian biasa. Cocok banget buat gue yang sama sibuknya ame istri rumah tangga *emang suami gue siapa, ya?*

   3.      Mudah Dibersihin

Smartphone udah pasti deh susah untuk dibersihin. Harus pake cairan khusus semacam vixal-nya bangsa handphone lagi. Beda amat ame feature phone.

Contohnya handphone gue deh. Gue tuh cuci handphone setiap pulang sekolah. Caranya? Mudah banget! Tinggal ditaruh dibawah keran yang menyala dan langsung deh jadi bersih lagi.
Horror abiss...

   4.      Awet banget

Feature phone yang gue pake saat ini udah ada sejak gue masih sd, pas rambut gue tuh masih klimis banget kaya bintang pomade. Dan kenangan terindah yang gue pernah rasain dengan dirinya adalah…pas masih sd handphone gue itu pernah dijadiin bola kaki ame lunatik-lunatik gila di pengajian gue,

“Gol!!!! Gol!!!! Woyyy!!!! Gol!!!!”

Ngeliat mereka tuh jadi pengen gue lindes pake buldozer.
Engga sampe situ doang, folks. Handphone gue juga pernah diinjek-injek ame kaki gue yang lebih gede dari kaki gajah. Pernah masuk ke dalam penampungan air wudhu yang sodaraan ame kolam renang ancol. Handphone gue itu juga suka gue lempar-lempar sampe ke ketinggian 5 meter dan gue akan berusaha untuk menangkapnya kembali. Terkadang sih tangkapannya juga meleset *geblek*.
Ajaibnya, itu handphone sampe sekarang belum juga menemui ajalnya.

   5.      Bentuk Engga Monoton

Menurut gue bentuk-bentuk smartphone sekarang ini tergolong monoton dan membosankan *banget*. Coba deh lihat sendiri, smartphone itu kan cuma sebuah layarrrr. Paling cuma ada motif-motif tertentu diujung-unjungnya. Tipis, gede lagi! Ngebawa handphone jadi serasa bawa golok.
Beda dengan feature phone yang bentuknya tuh unik-unik dan variatif. Mulai dari kotak, flip, slide, dll... Bahkan beberapa handphone gaming seperti N-Gage bentuknya itu sodaraan ame gimbot (Yossshhh... Henpon gue nihhh).

   6.      Praktis dan Ga Ribet

Ukuran feature phone itu pas banget di tangan, beda banget ame smartphone yang ukurannya lebih gede dari jidat gue sendiri. Jadinya ribet! Selain itu, feature phone juga enteng untuk dibawa kemanapun dalam kondisi apapun.

Ohya, dan bagi elo-elo yang udah lama pake feature phone uda pasti bisa ngetik dengan super cepat pake satu tangan tanpa melihat sedikitpun ke layar kan? Yaps, ini toh skill yang paling gue suka dari pemakaian feature phone. Beda ame smartphone yang bersyarat harus melibatkan mata dan kedua tangan saat mengetik (beginipun masih banyak typo-nya).

Di feature phone elo bisa ngetik dalam kondisi apapun, baik saat sedang menyetir atau sedang nguber ayam. Sementara tangan kanan elo dipake buat ngetik sms, mata dan tangan kiri elo bisa dipake buat ngelakuin hal yang lain. Contohnya gue. Seperti yang udah gue jelaskan sebelumnya, gue tuh suka banget nge-game, terutama game-game bergenre balapan. Nah, kalo saat sedang nge-game gue dapet sms masuk, ya tinggal ambil aja handphone-nya pake tangan kanan dan tangan kiri tetep santai melanjutkan permainan.
#LikeABoss

So, folks, bagi yang masih punya handphone jadul ga usah malu ato minder deh. Dalam beberapa kasus, smartphone itu jauh lebih purba daripada handphone jadul. Iya sih smartphone sekarang mungkin udah ada yang tahan air. Tapi tetep aja yang namanya handphone jadul itu tahan air, banting, gempa, badai, tornado, tsunami, gunung meletus, civil war, dll…

Selain itu, smart-tidak smartnya handphone itu ditentukan oleh pemiliknya, kan? Kalo smartphone dipake ame manusia prasejarah ya tetep aja stupidphone namanya. Huehauhauhe…

Uda deh, gue mau LGBT dulu (Langsung Ganti Baju & Tidur). Udah malem nihhh… Entar gue dikira setan jago IT sampe-sampe bikin blog segala, lagi.

Oh dan satu lagi, doa’in sariawan gue cepet sembuh dongs... Sakit banget tau!!! *apalagi kalo pas lagi makan, sering kegigit…(nangis darah)*

2 komentar: