Rabu, 17 Februari 2016

Try-out? Nih tips dari gue

Kelas 9 adalah masa-masa yang paling ditakuti oleh para SMP-ers. Yap, masa-masa menegangkan dimana kita harus menyiapkan otak segede gaban biar 18 buku pelajaran + 18 buku latihan  18  buku pe-er dan 9 buku catatan bisa dimasukkan kedalamnya. Engga kebayang deh. Ini tuh otak bukan hard disk.

Beda sama gue yang otaknya cuma se-upil. Dipake untuk mikirin postingan blog selanjutnya. Engga terlalu dipake dalam hal yang namanya “BELAJAR”. Yaps, gue tuh kalo belajar secukupnya doang.  Kadang-kadang juga engga. Makanya tuh rangking gue dikelas itu sekitaran 25-an.

Seperti yang kita tau, kelas 9 penuh dengan cobaan yang bertubi-tubi yang dapat seketika melumpuhkan hati, membelah lautan, serta membuat dunia ini menjadi gelap gurita (baca : try-out).

Sebagai orang yang rada-rada pemalas, gue sih engga terlalu peduli ama yang namanya try-out. Try-out sih try-out, engga terlalu gue pentingin. Well, kan try-out engga berpengaruh ame nilai kelulusan gue nantinya kan? (ini ajaran sesat, jangan diikuti).

So, folks…
Beberapa minggu yang lalu gue baru aja selese try out. Dan seperti biasanya, hari-hari sebelum try-out gue habisin buat nge-game, nulis, beribadah, dan berdoa pada Allah SWT agar dimudahkan dalam segala urusan dalam hidup gue ini.

Selain itu, hari-hari gue juga dilewati dengan membaca bukunya Raditya Dika, Manusia Setengah Salmon yang bener-bener bikin gue pengen kentut berkali-kali.
Daaaaan belajar? Ga, ga sama sekali soalnya gue tau belajar engga belajar yang namanya goblok tetep goblok namanya.

Pada hari H…
Gue duduk di bangku kelas gue sambil menatap selembar kertas LJK yang tergeletak dengan penuh kemaksiatan tepat di depan muka gue yang kembaran ame (tapak kaki) Justin Bieber.

Yang pertama kali terpikirkan : SubhanAllah
Yang kedua kali terpikirkan    : Innalillahi
Yang ketiga kali terpikirkan    : Mampus gue!

Dengan penuh kehati-hatian dan kejantung-jantungan gue mulai ngebulatin bulatan-bulatan di atas LJK tepatnya di kolom biodata.

Bulat bulat bulat bulat bulat… (jadi inget Upin & Ipin).

“GEMBEEEEEELL!!!”

Soal-soalnya tuh, susah-susah banget!!! Rasanya gue lebih baik disunat dua kali daripada ngikutin try-out kek ginian.

Gue baca tuh naskah soal sedikit demi sedikit. Soal-soal yang mungkin sinkron ame otak gue akhirnya gue jawab dengan membulatkan bulatan di lembar LJK.

Tapi oh tapi, gue hanya bisa menjawab kurang lebih ¾ keseluruhan soal yang berjumlah 50 itu. Gue diem... Heningg...

Gue ngeliat ke kiri, tampaklah temen gue, Putri Nabilah alias PN yang mengerjakan soal-soal dengan hidung berapi-api yang menandakan bahwa semangatnya sedang berkobar. Beda dengan gue yang ngerjain soal dengan hidung berbusa-busa.

Di depan PN tampaklah Nabil Azra dengan jidat selebar lapangan bola yang sedang bengong sambil membaca naskah soal. Rasanya tuh naskah pengen langsung di sundul sama dia.

Gue terdiam...

Coba aja itu lembaran soal diganti ame lasagna 5 porsi. Setidaknya gue bisa kenyang deh.
Ato coba aja itu soal diganti ame Bugatti kek, Porsche kek, Ferrari kek, ato Lambhorgrini gitu? Yang Sesto Elemento, jangan yang Gallardo, kalo yang Gallardo tuh mobilnya Syahrini.

Tiba-tiba sesuatu terlintas di pikiran gue. Sebuah ingatan. Sebuah memori. Sebuah kenangan indah. Sesuatu yang pernah gue baca. Sesuatu yang sensasional. Gue mencoba untuk fokus... fokus... fokus... fokus...

“Aha!!!!”

Ternyata oh ternyata, itu adalah buku bacaan gue, Manusia Setengah Salmon... Yaps! Bukunya Raditya Dika.

Apa yang bikin dia tiba-tiba masuk ke tulisan gue ini?
Gini toh, di dalam bukunya itu ada bagian dimana para pengguna Twitter itu bertanya ke kak Radith seputaran ujian gitu deh. Ini nih beberapa tips yang masih gue inget, ya kira-kira gini deh kalo ga salah (sori kalo ada yang salah, kak):

T : Kak, kalo pengawasnya botak kaya pitbull, gimana?
J : Lempar daging mentah keluar kelas.

T : Boleh bikin catatan di paha gak?
J : Boleh. Yang gaboleh di paha pengawas.

T : Kalo pengawasnya kesurupan gimana kak?
J : Coba tanya aja ama setannya. Siapa tau pinter.

T : Gimana sih caranya biar ga ngantuk pas ujian?
J : Tidur.

T : Gimana sih caranya biar dapet nilai bagus pas ujian?
J : Jadian sama pengawasnya.

T : Kalo pengawasnya minta jawaban gimana?
J : Suruh kerjain sendiri!

T : Kalo ga tau lagi mau jawab apa gimana kak?
J : Pilihlah jawaban dengan huruf yang paling bersinar.

Sebagai seorang bego proffesional gue pun akhirnya mengambil salah satu tips buat dijadiin gagasan gue saat ini, pilihlah jawaban dengan huruf yang paling bersinar. Yah, benar sekali! Gue pun akhirnya membulatkan huruf-huruf yang menurut gue bersinar diatas LJK. a, c, d, b, a, a, c, d, b, c, c, dan seterusnya.

Hingga akhirnya dengan penuh kebahagiaan gue mengumpulkan LJK gue ke guru pengawas.

2 minggu kemudian...

Gue bingung kenapa banyak banget orang-orang yang sedang berkerumun sambil ngeliat dinding disamping ruang guru. Bingung... Berpikir... Dinding aja dikerumunin, apalagi gue... *seketika gue disundul Nabil*.

Akhirnya gue pun pergi ke kerumunan siswa-siswi yang pada heboh nunjuk-nunjuk dinding yang tak bersalah itu. Ternyata sodara-sodara, di dinding itu tertempellah lembaran kertas bertuliskan hasil try-out 2 minggu lalu. Wow! Gue peringkat berapa ya?

Akhirnya gue nge-cek di nomor-nomor 30-an. What?! Mana nih nama gue? Apa kali ini gue mendapat peringkat lebih rendah daripada itu? Gue nge-cek terus-menerus. Ga dapet-dapet.

Akhirnya, ketika gue mencoba mengalihkan pandangan gue keatas, terpampanglah, NAMA GUE ADA DI URUTAN KE-3!!!!

MASYA ALLOH!!!

“Alhamdulillah... Oh my gosh!!!” Ga nyangka banget! Gue ngucek-ngucek mata dan ternyata memang benar! Gue dapet peringkat ke-3!!! Impossibleeeeeee!!! Gue ga percaya!
*Konon, kejadian seperti ini hanya terjadi sekali dalam kurun waktu seratus ribu tahun*

Gue langsung bergegas ke dalam kelas sambil loncat-loncat.
“Masya Allah! Terima kasih Tuhanku!”
Gue loncat sana, loncat sini, persis kaya lunatik kabur dari RSJ.

“KAK DIKAAAA!!! I LOVE YOUUUU!!! I LOVE YOU KAK RADITYA DIKAAAA!!!” Teriakan gue saat itu kenceng banget! Lebih kenceng daripada koneksi internet kalian saat ini (Sumpah, modem gue lelet banget).

Saat itu gue nyader, ternyata walaupun kak Radith itu engga waras dan abnormal, tapi dirinya bisa dengan sukses membuat gue meraih peringkat ketiga try-out. Yap, ternyata membulatkan huruf yang paling bersinar itu benar-benar ampuh dan efektif. Ga percaya? Gue buktinya.

“Sulthan! Sulthan! Gimana sih cara biar peringkatnya bisa naik gitu?” Wezzz... Temen-temen gue mulai nanya nih. Jadi ngerasa kaya artis.

Dengan penuh kepercayaan diri gue pun menjawab,

“Jangan belajar sama sekali! Ga usah belajar dan jangan lupa baca bukunya Raditya Dika setiap sebelum ujian. Dijamin lo bakalan suksesss!”

1 komentar:

  1. Ya Allah... Kok bisa, sih? ._. klo aku, cap cip cup aja jawabannya pake kata bismillahirrahmanirrohiim :v

    BalasHapus