Sabtu, 07 Januari 2017

The Legend Of Tyeontae (Part 1)

Note : Nama disini disamarkan dan setelah apa yang terjadi di 2018 kalian tahu kenapa demikian.

Sejak masuk ke SMA gua pun bermetamorfosis menjadi anak SMA.
En walopun uda berubah status menjadi seorang anak SMA, ga berarti gua engga lagi pergi ke sekolah naek sepeda.

Telah terbukti di IPB dan ITB kalo sampe sekarang ini gua masi senantiasa menunggangi sepeda gua yang uda gua anggep kaya anak gua sendiri.

Walopun kondisinya sering tampak mengenaskan kaya lagi diserang wabah flu babi, but dirinya tetap kuat untuk terus menuntun gue kemanapun gue pergi. Anak baik.

So sampe sekarang ini pun gua selalu pergi sekolah sambil dengerin lagu en baca buku (disertai suara klakson kendaraaan yang neriakin gua dari segala sudut pendengaran, kiri-kanan, depan-belakang, atas-bawah (?!)).

Kalo lagi baca buku terlalu khusyuk gua emang jadi ga sadarkan diri. Gua ga peduliin apapun yang ada di hadapan gue baik itu motor, mobil, mas-mas tukang bakso, truk, tank, pesawat, dinosaurus, saturnus, apapun itu gua tetep lewatin aja tanpa khawatir akan nyawa, keselamatan, serta anak dan istri di rumah (APAH??).

Dan begitulah seterusnya yang terjadi setiap hari. Gua selalu pergi ke sekolah dengan disertai mara bahaya yang mengepung gua di setiap meternya. Kalo dijadiin pilem mungkin judulnya bakal jadi “Demi Masa Depan” yang menceritakan tentang seekor makhluk hasil reinkarnasi Firaun (gua) yang setiap harinya mempertaruhkan nyawanya di jalan raya demi tetap bersekolah dan meraih masa depan yang cerahh dan gemilang.

Peristiwa alamiah ini terus saja terjadi setiap harinya. Tiap hari gituuu mulu.

Hingga suatu masa, semuanya mulai berubah...

Waktu itu gua ga sengaja berkenalan dengan sesosok makhluk betina ketika sedang mengantre di kantin. Well, ga litterally langsung kenalan on the spot sih... It’s not that quick...

A’ight, ceritanya gini...

Waktu itu gua sedang berada pada titik 95 derajat BT – 141 derajat BT alias di dalem kantin sekolah. Di saat itu gua lagi nyariin kepala temen gua diantara banyaknya kepala-kepala yang berserakan dengan bentuk dan motif yang bervariasi di kantin (tips ketika lo berada di keramaian kantin sekolah : cara paling efektif untuk menemukan seseorang adalah dengan menemukan KEPALA-nya. Kalo perlu lo coba pegang kepalanya satu perstau (ps : jangan ampe nyasar ke kepala kepsek, bisa-bisa disate lu)).

But setelah berpikir lebih rasional, daripada gua dikira melakukan head abuse kepada para penghuni kantin, gua pun meredam niat untuk memegang kepala-kepala yang telah disediakan.

Gua pun akhirnya lanjut mencari makhluk Tuhan yang satu itu kemanapun dari mulai ujung kantin ampe ke ujung dunia (dan baru gua sadari ternyata dunia gaada ujungnya).

Akhirnya daripada gue terus-terusan muter stress ga jelas gua pun memutuskan untuk membeli makanan ama mbak kantin yang tamvan dan berabe berani.

Setelah membayar makanannya, gua ga sengaja ngeliat seorang perempuan di samping gua. Dia berkacamata, berbehel, en memakai jilbab minimalis. Dan seketika pikiran gue mulai berputar. Sepertinya wajahnya tampak familiar deh bagi gue. Gua mencoba mengingat siapa sebenernya gadis yang satu ini en sedikit demi sedikit otak gua mulai merajut kembali untaian-untaian memori yang uda mulai gue lupain (ampuuun, kok jadi puitis, sihh???).

Gua pernah ngeliat nih orang di les ketika masih SMP. Waktu itu gua ga kenal ama dia soalnya dia ga sekelas ama gua. Entah kenapa waktu itu asal ngeliat wajah dia gua bawaanya kesel mulu (sampe sekarang masih gitu juga sih :v).

Gue pernah nemuin dia di salah satu profile picture facebook temen gue. Gua inget banget ama wajahnya yang tersenyum dengan mata melotot en sambil pamer behel.

Gua juga pernah ngeliat dia di depan rumah temen papa gue yang kebetulan namanya persis sama ama nama papa gue.

En sejak pertama kali masuk SMA gua sering banget ngeliat dia jalan bareng temen yang sedang gua cari sekarang ini.

Based on what i remember, gua pun akhirnya memberanikan diri,

“Err.. Halo...”

Dia berbalik dan ngeliat gue dengan dudulnya. Wajahnya yang SimSalabimJadiApaProkProkProk itu bikin gua ga konsen.

“Umm... Duuh.. Kenal R***** ga? Sekelas ama lo kan?”
“Ohhh kenal...”
“Oh yauda, aku nitip ini deh. Thanks ya...”

Gua pun melangkahkan kaki perlahan-la...

“Eh, anak GSC kan?”

Gue berputar ke belakang bak orang di iklan shampoo *seketika lagu India pun mulai terdengar dari sudut ruangan*.

Gua menatap matanya tajam-tajam lalu bersabda,

“Heeh... Iya...”

Hari-hari berlalu, gua yang awalnya cuma nitip kiriman lama-lama jadi makin penasaran ama tuh makhluk. Gimana pun gua harus tau apakah bener dia anaknya temen papaku ato engga. Harus!!!! Uooooooh!!!!

Keesokan harinya gua pun pergi ke sekolah bareng anak gua. Sekali-kali pengen gua sekolahin juga tuh anak dari dulu ga dapet pendidikan, kasian.

Di sekolah, gua nanyain classmate gua, F***** yang konon menurut para pakar kesehatan merupakan orang yang selama ini lumayan deket ama si gadis kantin (yha panggil saja dia begitu).

“F*****, itu makhluk yang sering bareng lu itu siapa sih?”
“Uhm.. S***?”
“S***?”
“L****** Z**** L*****.”

Great, gua dapet namanya. Saatnya ngestalk pesbuknya en cari tau siapa nama bokapnya (sumpah, disaat-saat seperti ini gua berharap emoji Line bisa dipake disini juga :v).

Pulang sekolah pun gua langsung nyamber si kompi en pasangin modem.

Setelah log in ke pesbuk, gua pun ngetype nama beliau di kolom pencarian.

Gua pun nonjok tombol enter ampe bonyok en akhirnya akun dengan nama dia pun mulai terbuka.

“There you are, dude...”

Pertama kali gua masuk ke akun facebook ini gua beneran terkejut setengah mamvus, akibatnya adalah karena profile picturenya disini adalah sesosok gadis yang tak memakai kerudung. But disini wajahnya tertutup sih so gua berpikir positip aja deh kalo ini sebenernya bukan poto dia (atau mungkin benar (?)).

Bukan itu aja yang bikin gua shock. Dia juga punya dua akun Facebook en ngaku-ngaku sebagai ketua KPCI aka Konferensi Penulis Cilik Indonesia. Gile, gua waktu SD uda pernah ikut KPCI dua kali en ga pernah nyader ada anak Aceh lain selain gua en Anjali yang ikutan waktu itu.

Ohya, isi sosmednya juga nunjukin banget kalau dia adalah seorang ‘Celebrity Wannabe User’ aka pengguna media sosial yang sok ‘wow’ en ingin terkenal di dunia maya bak artis-artis tingkat atas. Sayangnya yang kebanyakan user seperti ini andalkan hanyalah pencitraan mereka di dunia maya. Mereka akan berusaha berpose sebaik mungkin buat ngedapetin likers yang banyak. Sementara ketika di dunia nyata pas ditanyain soal fisika malah kejang-kejang ga jelas.

Keesokan harinya...

Pasca makan siang F***** pun hijrah ke SMP nya bareng rombongan buat nyelesein ApapunItuGuaGatauDanGuaGaPeduli. But satu hal yang gua ketahui adalah, si gadis kantin aka S*** juga ikut bersama rombongan F***** karna mereka berasal dari SMP yang sama (gua tahu itu dari seragam mereka waktu pertama kali masuk sekolah).

Sementara itu, gua yang tamvan dan berabe sedang leha-leha di kelas, menikmati waktu senggang sambil nunggu waktu dzuhur tiba.

Zrrrrrr... Zrrrrrrrr....

Waduh, ada yang gerak-gerak di kantong gua. Dia bergerak-gerak. Dia bergerak-gerak sendiri!! Duuhh!!!
Gua merogoh isi kantong gua yang isinya tuh beraneka ragam etnis dan budaya, mulai dari tisu, sampah, pupuk organik, makanan, upil-upilan (upil-upilan?), dan masih banyak lagi, dan akhirnya menemukan kalau yang bergerak-gerak itu ternyata adalah henpon gua sendiri.
Uhm.. Maksud gua bergetar, bukan bergerak. Great autocorrect.

Gua ngeliat ke layar,

Nek F***** Memanggil...”

Gile. Gua dipanggil. Gua aja gatau lokasi dia dimana sekarang. Gimana gua mau kesana coba?
Iseng-iseng gua nekan tombol warna ijo di henpon dan eh, henponnya ngomong! Wuidiih gile dah teknologi jaman sekarang.

Than, ini F*****. Tolong cek di ruang bahasa, ada buku SBK-nya S***, ga?”

Gile nih hape. Uda jadul, dudul, ngaku-ngaku jadi F***** pula. But pada akhirnya gua tetep ngejawab,

“Oke!”

Setelah teleponnya gua tutup ada notifikasi SMS dari nomernya F***** en gua pun coba ngebaca,

“Eeeeh sultaaan, Ini aku S***. Minta tolong kalau liat buku seni di ruang bahasa Indonesia ambilin yaaa nanti kasih ke aku atau fanisa. Makasihhh”

Gua pun menjarah meja satu-persatu sambil bertamasya keliling-keliling kelas but ituh benda ga kunjung gua temukan.
Gua pun mengambil henpon lalu menelepon si F***** buat ngebilangin kalo bukunya gaada.

“Oh yaudah makasih ya.”

Allahu akbar… Allahu akbar…

Adzan berkumandang. Saatnya solat dzuhur ohyeah.

Ketika bel pulang berkumandang alhasil para siswa-siswi pun ikut mengumandangkan teriakan-teriakan yang sangat merdu, menciptakan suasana seperti pasar baru kena gempa bumi 9,8 sr.

Diantara siswa-siswi yang lagi sibuk memasukkan buku-buku dan alat tulis ke dalam tas mereka, gua mencoba datang en menemui Fanisa di deretan kursi paling depan.

“F*****, kayanya gua kenal deh ama Sasa yang lo bilang itu. Papanya Om ***** ******* ya?”
“Hah iyaaaa.”
“Nah tuh kan bener! Minta nomer henponnya, ding. Gua mo nanyain.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar