Kamis, 10 November 2016

My Reincarnation


CAUTION :
-TRUMP WON!!!
-THIS MAY BE THE 2ND MOST GARING POST I’VE EVER MADE IN THE HISTORY OF MANKIND

Seperti yang telah gue katakan di postingan sebelumnya, gue memang akan berhenti menulis blog untuk sementara waktu diakibatkan tugas dan urusan yang terlalu menumpuk.

But setelah gue mencoba untuk berpikir lebih manusiawi, gue rasa alasan itu merupakan alasan yang cukup L E B H A I..

Maksud gue, gue sebenernya juga punya yang namanya “waktu luang” alias waktu dimana gue bisa tidur-tiduran, leha-leha, ato kesurupan sepuasnya.

But maybe yang menjadi alasan utama semangat menulis gue turun pada waktu itu adalah “Smartphone”. Yeah, that freaking thing have made me neglected -_-

Ya gitu deh...

Setiap ada waktu luang gue engga lagi ngisiin dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat kaya menulis or stuffs... Gue hanya akan tiduran di atas tempat tidur, ngeluarin smartphone, en terlena dengan chat yang ga akan pernah selese-selese sampe Aceh pindah ke Kuala Lumpur.

Ataupun duduk di deket Maxy sambil nyolokin earphone ke lubuk telinga yang paling dalam dan mengalir kedalam velocity game yang gua mainin. Yheaa seperti yang lo semua sadari sekarang ini, game-game android mah uda pada keren-keren yah? (Gua aja kalah keren toh (hooh, emang lo keren darimananya, Than?)). Gua pun sejak mulai gaming di henpon uda mulai ninggalin PSP, N-Gage, ama PC gua. Soalnya main di smartphone tuh beneran lebih apaaa gitu deh. Apalagi kalo yang dimainin tuh game-game berkelas AAA.

Huidiiiihh coba deh bayangin, sensasi luar biasa yang biasanya lo rasain ketika main game di PC kali ini uda bisa lo rasain di perangkat kecil yang bisa lo kantongin kemana-mana. A massive wonderful world is now pocketable!

So, for now gue juga harus berusaha ngebatasin diri gue. Gue sadar kalo diluar sana masih banyak penulis-penulis lain yang jauh lebih sibuk dari gue tapi masih tetep produktif. En gue juga seharusnya lebih bijak dalam me-manage waktu gue biar kaga terbuang sia-sia ato semacamya deh...

Nah, kebetulan banget 2 hari yang lalu gue baru ikutan inaugurasi Forum Lingkar Pena Banda Aceh.

Well yeah... Gue pengen gabung ke FLP... Yhaaa biar seenggaknya gue dapat wadah yang tepat buat ngembangin bakat menulis gue... Soalnya selama ini gua terkena writer's block stadium 5 yg ngakibatin semua ide gua tuh kaya tertimbun gitu aja di dalem otak.

Oke basically FLP itu sebenernya forum atau organisasi yang berdasar pada kepenulisan, kekeluargaan, dan keagamaan. So disini lo ga bakal bisa nemuin yang namanya karya-karya tulis yang melenceng dari nilai-nilai moral, etika, dan agama. Disini lo bakal belajar tentang gimana caranya bikin tulisan yang emang pantas dan layak untuk dibaca. Well pokonya thumbs up deh buat nih forum!
Buat bergabung kesini lo bakal mesti ikutin beberapa tahapan tes. Yang pertama tuh tes tulis...

So basically tes tulis ini sebenernya cuma kaya ulangan di sekolah, bedanya kalo disekolah lu bakal diawasin ame kepsek melalui CCTV. Kalo disini mah kepseknya emang ada tepat di depan lu. Sekali nyontek bisa-bisa langsung disate.

Soal yang harus dijawab pun terbagi menjadi 3 kategori yaitu kepenulisan, keorganisasian, en keagamaan (yeah buat yang sering bolos pelajaran agama di sekolah, jangan ngarep ketinggian deh).
Nah stelah ngejalanin tes tulis maka tahap selanjutnya adalah tes wawancara.

Nah di tes wawancara ini baru deh OTAK lo bakalan digali lebih dalem lagi. Lu bakal dilontarkan beberapa pertanyaan tentang keorganisasian en juga keagamaan. Ohya lu juga bakal di tes baca Quran disini, so bacaan dan tajwidnya juga jangan salah-salah. Yang bener tuh Sulthon bukan Syaithon.

Nah kalo lu uda lulus tes, maka lu wajib buat ikutan inaugurasinnya.
A’ight... Dan mumpung gua lulus tes, berarti gua harus ikutan inaugurasinya...

So, awalnya gua pikir inih inaugurasi bakalan jadi semacam MOS atau pramuka-pramuka gituan. Huiiihhh serem deh pokonyaa...

Apalagi acaranya ini diselenggarain dari hari jumat ampe hari minggu... (Huaaaa hari Mingguuuuu... :’vvvvv)

So beneran awalnya gua ga niat banget buat ikutan... But karena kalo engga ikutan gue juga ga bakal bisa masuk ke FLP, well gua pun akhirnya mutusin buat ikutan aja.

Selama perjalanan kesana gua beneran gemetaran setengah mampus. Beneran menggigil dari ujung rambut ampe ujung jempol kaki (dan pada akhirnya gua sadar kalo saat itu lagi musim ujan).

Sesampainya disana gua bertemu dengan peserta-peserta inaugurasi lainnya yang pastinya tamvan-tamvan en cantique-cantique.

En akhirnya setelah saling berkenalan, baru gua sadari kalo MEREKA SEMUA TUH UDA PADA KULIAH EN BAHKAN UDA ADA YANG KERJAAA, UDA ADA YANG NIKAHHH... 

Hohoh.. Kalo gua?

Kuliah? Naik kelas aja gua masi ragu nih...

Kerja? Uhmmm... Jadi tukang sedot tinja kayanya seru tuh!

En.... Nikah???? *Gua pun akhirnya nangis di pojokan*.

Okeh so di inaugurasi ini lo bakal ikutin beberapa seminar en pelatihan yang berhubungan ama kepenulisan.

Selain itu lo juga bakal dikasih beberapa task buat dikerjain kaya namatin satu juz Al-Quran, bikin resensi buku, en juga ngewawancarain salah satu pengurus FLP serta ngebikin laporannya.

Nah disini kegiatannya selain ikut pelatihan en makan (huh laper gua) disini juga ada jadwal salat qiyamul lail-nya. So buat kalian yang sering solat subuhnya barengan ama solat dzuhur, nah disini mah gaada kesempatan buat bangun kesiangan. Di pagi hari sebelom subuh lo uda harus bangun en salat berjamaah di mushalla bareng peserta lainnya. Trus sambil nunggu waktu subuh yaaa disitu deh lo berusaha buat namatin tuh satu juz al-Quran (tips : kalo lo tipe orangnya sering kehausan, bisa bawa satu juz JERUK buat ditamatin sekaligus).

Ohya, selama inaugurasi tuh seluruh pesertanya bakalan nginep di wisma. Wismanya bersih kok, tenang ajaaa. Gaada kecoa, gaada bau-bau mencurigakan, gaada racun tikus, gaada marabahaya, gaada kaos kaki gua juga (bau dari kaos kaki gua diperkirakan mampu membunuh seekor gajah dewasa). En disini ac disetiap kamarnya juga dingiiin so  gabakal ada yang namanya pemanasan global ato efek rumah kaca di dalem kamar yang dihuni.

Selama inaugurasi berlangsung, gua tuh kemana-mana pasti ngebawa buku catatan kecil. Well yeaah soalnya disaat-saat seperti ini lo bisa ngumpulin banyak amunisi-amunisi buat bahan tulisan lo selanjutnya.

Oke, so basically setelah ngikutin inaugurasi ini, gua beneran dapet hidayah. Gua totally termotivasi buat kembali aktif dalam menulis. Yheaa mungkin di blog atau bikin antologi bareng temen-temen, well I dunno exactly what will I do. Tapi sekarang ini otak gua beneran uda berfungsi kembali en lagi dipenuhin ide-ide buat bikin tulisan. Gue gatau sih... Ide-idenya terlalu banyak jadinya complicated... Bingung nih... Bingung mau pilih tulisan-tulisan berbau sastra ato tulisan-tulisan ringan kek ginian..

En gue juga berencana buat nulis sebuah buku yang isinya tuh perjalanan hidup gue dari sejak SD ampe sekarang ini. Insya Allah ceritanya bakalan seru deh... But, masi bingung sih apa bagusan gue tulis ato engga... Menurut kalian sendiri gimana, gaes?

4 komentar:

  1. Tulisannya lumayan bikin olahraga muka nih sulthon alias bukan syaithon :D

    BalasHapus
  2. Luar biasa Sulthan. Tulisannya mengalir lancar. terasa sangat natural dan humoris.

    BalasHapus
  3. Kereen..berasa tua bacanya..
    Ditunggu karyaa2 selanjutnya than,
    Btw autobiografinya itu kapan?

    BalasHapus
  4. Ayoooo Thaaaan nulis terussss! Kutunggu ceritamu berikutnyaaaa

    BalasHapus