Sabtu, 07 Januari 2017

The Legend Of Tyeontae (Part 5)


Hari-hari berlalu. Gua kembali teringat ama percakapan gua en S*** ketika di kantin waktu itu. Gua inget banget pas dia bilang ke gua kalo dia tuh punya mimpi dan dia pengen banget ngeraih mimpi itu. Kata-katanya S*** waktu itu benar-benar mencerminkan seseorang yang memiliki potensi, tekad, dan keinginan untuk melakukan sesuatu yang baik.

But tetep aja kembali lagi ke isi medsosnya itu yang ‘ahsudahlah’. Bukan cuma itu, gua juga uda ngestalk instagram dia en followersnya tuh ampe 13,4k!! Gilak!!! Lebih banyak daripada uang jajan gua dalam sehari!!!

“S***, followers lo kok bisa banyak begitu?”

“Gua nge-cheat...”

*nampar S*** pake setrika*

Bukannya gua nge-‘judge’ dia sebagai orang yang gabaik cuma gara-gara isi medsosnya itu pada engga nutupin aurat. But, kembali lagi deh ke Al-Qur’an,

‘Hendaklah mereka menahan pandangannya dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya,...’ (Q.S. An-Nuur ; 31).

Berjilbab dan menutup aurat itu bukanlah sebuah opsi, tapi sebuah kewajiban yang harus dipatuhi ketika seseorang udah akil baligh. Yang ketika ditinggalkan akan membekaskan tinta dosa di catatan amalnya. Dan gua tentunya gamau itu terjadi pada temen super baik gua, S***.

Hari-hari berlalu...

Gua ama S*** lagi dalam perjalanan pulang dari sekolah. Yhaa tentunya sambil nunggangin anak masing-masing (btw durhaka amat sih? Anak sendiri ditunggangin).

Gua sesekali ngeliat ke S***. Gua pengen banget ngasih tau dia soal isi medsosnya. But, gatau nih. Bingung, bimbang. Sebaiknya dikasi tau atau engga? Soalnya gua juga pernah nasihatin beberapa temen gua sebelumnya en mereka ujung-ujungnya malah ngejauh. Yha gua pastinya juga gamau kehilangan S*** sebagai temen gua sendiri. But, akhirnya gua mencoba memberanikan diri. Lagian kayanya S*** ini cukup open minded deh orangnya. Kira-kira gini deh percakapannya waktu itu,

“Eh, S***... Lo terbuka terhadap kritikan ga?”

S*** menatap mata gua seakan-akan pengen ngehipnotis lalu ngangguk-ngangguk.

“Kenapa, Tan?”

“Errr....” Gua menghirup napas dalam-dalam lewat mulut (en ngeluarin lewat belakang (Ya ga lah!)).

“Gini S***, lo nyader ga sih kalo lo itu kaya bakpau??”

“Apah??” (Oke, gua tau itu adalah permulaan yang fatal).

“Umm... Duuhh... Gini, yang namanya bakpau itu kalo luarnya aja enak tapi dalemnya ga enak. Orang ga bakalan mau beli. En begitu juga kalo dalemnya doang yang enak tapi luarnya kaga, orang juga gabakal mau beli. Nah, lo itu persis kaya gitu.”

“Eng... Engga ngerti.”

“S***, ketika lo bicara tentang diri  lo kemarin itu. Gua beneran kagum. Gua ga nyangka bisa dapet temen yang keren dan sepemikiran ama gua, lo. But, tetep aja. Ada yang masih kurang. Lo tuh luarnya masi engga baik. So kalo bakpau luarannya ga enak. Yha semuanya jadi ga enak, keseluruhan.”

“...........????...........”

“Gini deh, gua ngeliat ada potensi dalam diri lo. Gua tau lo sebenernya ga nakal. But, itu ketika gua ngenilai lo lebih dalam. Dari luar, lo masih nakal buat gua.”

S*** terdiam ngedengerin gue. Gue buntu ngeliatin S***. Seriusan gatau mau improvisasi kaya gimana lagi.

Sumpah, KENAPA ANALOGINYA HARUS BAKPAU SEH??? GA ADA OPSI LAIN APA????

Uda deh. Mumpung uda terlanjur. Ayo, Than! Lanjutkan! Just jump to the case!

“Err... S***, gini deh kenapa isi sosial media lo itu banyak yang ga pake jilbab yah?”

“Umm... Ga ada sih..”

“What?? Maksudnya??”

“Yaa ga ada alasan... Gitu aja.”

“S***, lo nyader ga kalo sehelai aja rambut yang lo nampakin itu berarti ribuan tahun di neraka?”

“Umm... Gatau...”

“Gini deh, S***. Plis, jaga aurat lo baik-baik. Gua mohon banget. Soalnya gua tau lo tuh sebenernya orang yang baik. But tetep aja ada yang harus lo perbaiki. Plis banget, S***. Soalnya gua gamau lo gimana-gimana nantinya. Lo harus baik dari dalam dan juga dari luar.”

“Iya deh...”

“Oke? Deal yah?”

“Iyaa...”

“Eh, S***. Gua pulang lewat sini yah. Lo tau jalan pulang kan???”

“Tauuu...”

“Oh oke... Byee!!”

*Lagu See You Again berkumandang*

Sesampainya di rumah gua beneran lega banget. Gua naruh tas gua di samping meja kompi en loncat ke kasur. Sumpah, tadinya gua takut reaksi S*** bakalan brutal, but Alhamdulillah engga. Alhamdulillah hari ini gua berhasil ngasi tau dia soal ini. Gua berharap untuk kedepannya nih anak akan jadi lebih baik lagi.

Sejak hari itu, S*** pun terus berubah menjadi lebih baik setiap harinya. Walaupun kadang-kadang goyah en kembali ngelakuin kesalahannya lagi.

“S***, coba sebutin salah satu keinginan dari diri lo.”

“Ummm... Apa?? Gatau...”

“Coba sebutin. Satu aja.”

“Gatauuu...”

“Hmmm... Gini deh... Lo kayanya pengen jadi orang yang keren ya, S***? Gua uda ngestalk instagram lo en kesannya sih gitu. Lo pengen jadi terkenal gitu?”

“Umm... Ehehe...”

“S***, gua bisa bantu lo kok. Mau ga? Gua bakalan bantu lo buat jadi orang yang keren banget nantinya. Bukan keren gara-gara bisa jadi artis di medsos. Tapi keren yang emang beneran keren. Lo suka menulis, kan? En lo mau terkenal ya, kan?”

S*** tersenyum sambil ngangguk-ngangguk.

Seperti yang uda gua janjikan sebelumnya. Gua bakal ngebikin dia jadi orang yang keren. Oke, gua tau ini ga logis. Soalnya gua keren aja kaga *gue pun nangis di pojokan*. But gaapa deh, untuk sementara S***-nya dulu nih yang penting. Gua gamau dia kaya gini terus.

A’ight, basically definisi ‘keren’ yang gua maksud disini bukanlah keren kaya artis terkenal yang mantap banget di fashion en bla bla bla. Gak! Gak sama sekali...

Menurut gua orang yang keren itu adalah orang yang berhasil, orang yang bertalenta, orang yang berhasil meraih mimpinya, dan baik serta dekat pada Yang Maha Kuasa. En tentunya juga dikenal ama orang-orang yang sepemikiran dan bisa membantunya untuk terus maju.

Dan itulah yang gua janjikan ke S***. Walau mungkin aja itu takkan terjadi karna gua juga masih jauh dari definisi itu. But, gua yakin bersama S*** gua juga bisa memperbaiki diri gua jadi jauh lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar